PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

INISNU TEMANGGUNG

        A.   PROFIL PROGRAM STUDI

NAMA PROGRAM STUDI : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

STATUS                      : TERAKREDITASI BAIK 

                                       (SK Nomor : 6986/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020) 

ALAMAT                     : Jalan Suwandi-Suwardi Km 01 Madureso Temanggung 

DOSEN :

 

  1. Dr. Siti Qomala Khayati, M. Pd. I.
  2. Khamim Saifuddin, M. Pd. I.
  3. Zaidatul Arifah, M. Pd.
  4. Gunarti Ika Pradewi, M. Pd.
  5. Sholeh Kurniandini, S. P., M. M.
  6. Moh Syafi’, S. Th. I., M. Hum.
  7. Najib Mubarok, S. Si., M. Sc.

 

PROFIL LULUSAN    :

  1. Tenaga administrasi Pendidikan
  2. Asisten Peneliti Pendidikan
  3. Asisten Konsultan Pendidikan
  4. Ahli teknologi dan media pembelajaran
  5. Ahli dalam human relationship skills dalam bidang Pendidikan
  6. Tenaga pengembang diklat
  7. Tenaga administrasi Pendidikan pada SLB
  8. Tenaga pengelola pesantren dan Madrasah Diniyah
  9. Ahli pemberdayaan pesantren
  10. Ahli pemberdayaan santri

B.   VISI

“Unggul dalam Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam pada Bidang Pendidikan Inklusi yang Berlandaskan Islam Ahlussunnah wal Jamaah Annahdhiyah, Sains, dan Teknologi.”

 

C.    MISI:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam.
  2. Mengembangkan praktik pengelolaan pendidikan kolaboratif, adaptif, dan implementatif.
  3. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan konsep dan praktik pengelolaan di bidang Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Melakukan pengkajian dan pengembangan praktik pengelolaan pendidikan inklusi dan pondok pesantren.
  5. Melaksanakan  pengabdian kepada masyarakat sebagai pengembangan konsep dan pemecahan masalah di bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam.
  6. Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk penguatan kelembagaan dan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjawab kebutuhan masyarakat.
  7. Meningkatkan kualitas tata kelola Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yang akuntabel dan transparan.

    D. TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa berlandaskan pada Islam Ahlussunnah wal Jamaah Annahdhiyah.
  2. Menghasilkan lulusan yang kreatif, adaptif dan professional di bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam.
  3. Berkembangnya konsep dan praktik pengelolaan di bidang Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil kajian dan penelitian untuk kesejahteraan masyarakat.
  5. Terwujudnya kajian/pengembangan praktik pengelolaan pendidikan inklusi dan pondok pesantren.
  6. Terjalinnya kerjasama saling menguntungkan dengan stakeholder untuk penguatan kelembagaan dan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi serta menjawab kebutuhan masyarakat.
  7. Meningkatnya kualitas tata kelola Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yang akuntabel dan transparan.

E.    SASARAN

  1. Peningkatan lulusan yang bertakwakreatif, adaptif dan professional.
  2. Peningkatan kualitas proses pembelajaran di bidang Manajemen Pendidikan Islam.
  3. Peningkatan relevansi dan produktivitas penelitian di bidang Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Peningkatan relevansi dan produktivitas pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil kajian dan penelitian untuk kesejahteraan masyarakat.
  5. Peningkatan kualitas dosen.
  6. Peningkatan kualitas kemahasiswaan dan alumni.
  7. Peningkatan kerjasama dalam dan luar negeri.
  8. Peningkatan kualitas tata kelola Program Studi MPI yang akuntabel dan transparan.

F.    STRATEGI

 

  1. Meningkatkan mutu proses pendidikan secara kolaboratif, adaptif, dan implementatif di bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang kreatif, adaptif, dan professional di bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian sebagai pengembangan konsep dan pemecahan masalah di bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat sebagai pengembangan konsep dan pemecahan masalah di bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam.
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk penguatan kelembagaan dan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjawab kebutuhan sosial masyarakat.
  6. Meningkatkan kualitas tata kelola Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yang akuntabel dan transparan.
  7. Peningkatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainya untuk meningkatkan proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian, serta tata kelola Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
  8. Peningkatan citra Lembaga di masyarakat dan stakeholder.